bolehkah mendirikan jamaah lebih dari satu dalam satu desa?
مسألة تعدد الجمعة
مسألة :
ما قولكم فى تعدد
الجمعة فى بلدة واحدة أو قرية واحدة مع تحقق العدد المعتبر فى كل مسجد من مساجدها
فهل تصح جمعة الجميع او فيه تفصيل فيما يظهر لكم؟
الجواب:
الجواب:
أما مسألة تعدد
الجمعة فالظاهر جواز ذلك مطلقا بشرط أن لا ينقص عدد كل عن أربعين رجلا فإن نقص عن
ذلك انضموا الى اقرب جمعة اليهم إذ لم ينقل عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه جمع
بأقل من ذلك وكذلك السلف الصالح من بعده والقول بعدم الجواز إلا عند تعذر الإجتماع
فى مكان واحد ليس عليه دليل صريح ولا ما يقرب من الصريح لا نصا ولا شبهه بل إن سر مقصود
الشارع هو إظهار الشعار فى ذلك اليوم وأن ترفع الاصوات على المنابر بالدعة الى
الله والنصح للمسلمين فكلما كانت المنابر اكثر كانت الشعارات اظهر. )قرة العين بفتاوي إسماعيل زين ص 83)
Pertanyaan:
Apa pendapatmu tentang hukum mendirikan
jum’atan lebih dari satu di satu desa sedang jumlah mereka dalam setiap masjid
telah mencukupi hitungan yang ditentukan syara’, apakah semua jum’atan sah atau
ada perincian hukumnya?
Jawab :
Mendirikan jum’atan lebih dari satu, menurut
qoul dlohir boleh secara mutlak dengan syarat
jumlah jama’ah setiap jum’atan tidak kurang dari 40 orang laki-laki, kalau
kurang maka mereka mengikuti jum’atan di masjid yang paling dekat, karena tidak
ada hadis yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW mendirikan sholat jum’at
kurang dari 40 orang laki-laki, begitu juga tidak ada pendapat
ulama’ salaf yang memperbolehkannya. Pendapat yang
melarang mendirikan shalat jum’at lebih
dari satu kecuali dalam keadaan sulit berkumpul dalam satu tempat tidak
mempunyai landasan dalil yang jelas bahkan yang mendekati jelas, tidak berupa
dalil nash atau yang menyerupainya. Sebab sebenarnya tujuan syara’ (dalam
perintah mendirikan jum’atan) adalah untuk menunjukkan tanda kebesaran agama
Islam pada hari jum’at dan agar mengeraskan suara di atas mimbar-mimbar dengan
membaca do’a dan memberi nasehat kepada
orang-orang Islam, sehingga semakin banyak mimbar maka semakin jelas syi’ar
Islam.
Namun dalam kitab bughyah di beri
tiga syarat untuk keabsahannya.
والحاصل من كلام الأئمة
أن اسباب جواز تعددها ثلاثة :
1.
ضيق محل الصلاة بحيث لا يسمع المجتمعين لها
غالبا
2.
والقتال بين الفئتين وبعد أطراف البلد بأن كان
بمحل لايسمع منه النداء
3.
أو بمحل لو خرج منه بعد الفجر لم يدركها إذ لا
يلزمه السعي إليها إلا بعد الفجر ( بغية المسترشدين ص للسيد باعلوي الحضرمي ص 130
مكتبة دار الفكر)
Kesimpulan dari pendapat para
imam bahwasannya sebaba diperbolehkannya Jum’atan diselenggarakan lebih
dari satu ada tiga sebab;
1. Tempat
sholatnya sempit .
2. Peperangan
antara dua golongan
3. Pelaksanaan
jumat berada di suatu tempat yang seandainya di tempuh sejak fajar maka
seseorang tidak bisa mendapati jumatan. Wallohu a’lam.
Komentar
Posting Komentar