bolehkah mendirikan jamaah lebih dari satu dalam satu desa?



مسألة تعدد الجمعة
مسألة :
ما قولكم فى تعدد الجمعة فى بلدة واحدة أو قرية واحدة مع تحقق العدد المعتبر فى كل مسجد من مساجدها فهل تصح جمعة الجميع او فيه تفصيل فيما يظهر لكم؟
الجواب:
أما مسألة تعدد الجمعة فالظاهر جواز ذلك مطلقا بشرط أن لا ينقص عدد كل عن أربعين رجلا فإن نقص عن ذلك انضموا الى اقرب جمعة اليهم إذ لم ينقل عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه جمع بأقل من ذلك وكذلك السلف الصالح من بعده والقول بعدم الجواز إلا عند تعذر الإجتماع فى مكان واحد ليس عليه دليل صريح ولا ما يقرب من الصريح لا نصا ولا شبهه بل إن سر مقصود الشارع هو إظهار الشعار فى ذلك اليوم وأن ترفع الاصوات على المنابر بالدعة الى الله والنصح للمسلمين فكلما كانت المنابر اكثر كانت الشعارات اظهر. )قرة العين بفتاوي إسماعيل زين ص 83)
Pertanyaan:
Apa pendapatmu tentang hukum mendirikan jum’atan lebih dari satu di satu desa sedang jumlah mereka dalam setiap masjid telah mencukupi hitungan yang ditentukan syara’, apakah semua jum’atan sah atau ada perincian hukumnya?

Jawab :
Mendirikan jum’atan lebih dari satu, menurut qoul dlohir boleh secara mutlak dengan syarat jumlah jama’ah setiap jum’atan tidak kurang dari 40 orang laki-laki, kalau kurang maka mereka mengikuti jum’atan di masjid yang paling dekat, karena tidak ada hadis yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW mendirikan sholat jum’at kurang dari 40 orang laki-laki, begitu juga tidak ada pendapat ulama’ salaf yang memperbolehkannya. Pendapat yang melarang mendirikan shalat jum’at lebih dari satu kecuali dalam keadaan sulit berkumpul dalam satu tempat tidak mempunyai landasan dalil yang jelas bahkan yang mendekati jelas, tidak berupa dalil nash atau yang menyerupainya. Sebab sebenarnya tujuan syara’ (dalam perintah mendirikan jum’atan) adalah untuk menunjukkan tanda kebesaran agama Islam pada hari jum’at dan agar mengeraskan suara di atas mimbar-mimbar dengan membaca do’a dan memberi nasehat kepada orang-orang Islam, sehingga semakin banyak mimbar maka semakin jelas syi’ar Islam.

Namun dalam kitab bughyah di beri tiga syarat untuk keabsahannya.

والحاصل من كلام الأئمة أن اسباب جواز تعددها ثلاثة :
1.    ضيق محل الصلاة بحيث لا يسمع المجتمعين لها غالبا
2.    والقتال بين الفئتين وبعد أطراف البلد بأن كان بمحل لايسمع منه النداء
3.    أو بمحل لو خرج منه بعد الفجر لم يدركها إذ لا يلزمه السعي إليها إلا بعد الفجر ( بغية المسترشدين ص للسيد باعلوي الحضرمي ص 130 مكتبة دار الفكر)

Kesimpulan dari pendapat para imam bahwasannya sebaba diperbolehkannya Jum’atan diselenggarakan lebih dari satu ada tiga sebab;
1.    Tempat sholatnya sempit .
2.    Peperangan antara dua golongan
3.    Pelaksanaan jumat berada di suatu tempat yang seandainya di tempuh sejak fajar maka seseorang tidak bisa mendapati jumatan.  Wallohu a’lam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

khutbah idul fitri

resume kitab bidayatul hidayah